Mengenai Saya

Foto saya
become of me now :) It's up to what people say, what matters is who I really I am:)

Minggu, 30 Oktober 2011

Alasan Bung Karno Tolak Buru-buru Proklamasikan Kemerdekaan :)

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG - Jepang sudah menyerah. Sekutu memperoleh kemenangan. Lalu bagaimana Indonesia, tentunya harus segera menentukan nasibnya sendiri.
Begitulah pemikiran para pemuda saat mendengar berita kekalahan Jepang.
Mereka yang digawangi oleh Soekarni, Wikana dan Chaerul Saleh, berinisiatif melakukan pertemuan pada 15 Agustus 1945. Dalam pertemuan itu, mereka sepakat meminta Bung Karno dan Bung Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Sayang, inisiatif itu ditolak.
Alwi Shahab, pemerhati sejarah, kepada rombongan 'Melancong Bareng Abah Alwi, Jejak Proklamator Soekarno-Hatta', mengatakan pada waktu itu Soekarno dan Moh. Hatta berserta golongan tua menginginkan agar proklamasi dilakukan melalui PPKI. Sementara, golongan pemuda menginginkan agar proklamasi dilakukan secepatnya tanpa melalui PPKI yang dianggap sebagai badan buatan Jepang.

“Pemuda mengharapkan agar Soekarno dan Hatta tidak terpengaruh Jepang. Mereka tidak ingin kemerdekaan Indonesia merupakan hadiah dari perjuangan Jepang,” kata dia.
Penolakan Bung Karno dan Bung Hatta mengejutkan para pemuda. Mereka selanjutnya menculik keduanya selepas sahur pada 16 Agustus 1945. Mereka dibawa para pemuda menuju Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar